Kesuksesan bisnis online pastinya harus
didukung dengan promosi yang bagus. Tanpa adanya promosi, sebutlah
sebuah toko online bagaikan supermarket di tengah hutan, terus bagaimana
cara mendapat keuntungan bila supermarket anda tidak ada yang
mengunjungi.
Banyak pemain bisnis online
yang kandas karena kurangnya promosi, toko online yang bagus akan
percuma bila tidak ada pengunjung yang masuk. Untuk itu bila anda sedang
menekuni bisnis, baik online atau offline, jangan anggap remeh promosi.
Banyak cara promosi online,
dari iklan gratis sampai iklan yang sangat mahal. Saat ini banyak
sekali situs iklan gratis yang menawarkan jasa promosi online dengan
mudah tanpa harus mendaftar, tapi apakah iklan seperti itu efektif?.
Selanjutnya ada lagi metode iklan yang dibayar bulanan atau mingguan,
biasanya berupa banner, tapi apakah efektif juga?
Yang paling bagus menurut saya adalah iklan Pay Per Clicks (PPC)
yaitu iklan yang hanya dibayar jika iklan anda diklik, ini yang paling
bagus, tidak ada pihak yang dirugikan, sebagai advertiser juga tidak
akan rugi, karena jika iklan mereka tidak ada yang mengunjungi, maka
advertiser tidak perlu membayar. Tidak seperti iklan yang dibayar per
bulan, bila iklan anda hanya sedikit orang yang mengunjungi, maka anda
akan rugi, karena biasanya iklan yang dibayar dengan sistem ini memasang
harga yang mahal.
Metode iklan Pay Per Click ini memang
paling efektif, banyak yang menyarankan untuk memasang iklan dengan cara
ini. Mulai yang sifatnya global seperti Google Adwords, Bidvertiser
atau Iklan di Facebook , sampai yang lokalan seperti kliksaya, kumpulblogger,
ppc-muslim, indo-advertise, juga menerapkan sistem ini, harga
bervariasi dari $0.05 sampai Lebih dari $60 per klik ( Google Adwords),
dari Rp150 sampai Rp400.
Tapi jika dibandigkan dengan iklan di
Televisi atau Surat Kabar, harga tersebut terlalu murah mengingat
jangkauan internet adalah seluruh dunia. Itulah mengapa Google lebih
berkembang daripada Yahoo! yang menawarkan iklan berupa banner.
Dengan sistem PPC advertiser membayar
iklan jika iklannya di klik, jadi tidak perlu membayar jika tidak ada
yang melihat iklan. Coba bandingkan dengan iklan banner yang dibayar per
bulan, bagaimana jika pengunjung situs banyak tapi iklan anda tidak
dilihat, anda akan rugi tentunya. Berdasarkan fakta, hanya beberapa
persen pengunjung website yang mengklik iklan, kemungkinan iklan diklik
juga dipengaruhi oleh judul dan isi iklan, bila iklan menarik tentunya
akan diklik oleh pengunjung.
Bagaimana jika anda memasang iklan
banner yang dibayar per bulan, iklan anda bersaing dengan iklan lain,
tentunya kemungkinan diklik semakin kecil, terlebih lagi bila iklan yang
lain lebih menarik, untuk itu iklan dengan sistem ini kurang efektif
bila dibandingkan dengan sistem PPC.
Satu lagi yang menurut saya cukup
efektif mendatangkan pengunjung adalah dengan bergabung di situs GPT
(Get Paid To). Situs yang membayar membernya untuk mengklik iklan, baca
iklan, menerima penawaran iklan, dan sebagainya. Kita dapat membeli
sekian klik untuk situs/blog kita tampil di situs mereka dan nantinya
member mereka akan mengklik link blog kita.
Beberapa situs GPT yang laris pengunjung seperti indoclix yang dipunyai orang kita dan juga paidtoclick.in yang dipunyai orang luar.
Atau anda bisa meniru trik kontes SEO astaga!com. Namun ini cukup banyak memerlukan modal namun efeknya juga sangat besar untuk mempopulerkan web atau situs blog kita..
Tidak ada komentar:
Posting Komentar